Senin 17 Feb 2014 23:01 WIB

Benda-Benda 'Aneh' Ditemukan di Selokan Skotlandia

Rep: Gita Amanda/ Red: Nidia Zuraya
Sampah/ilustrasi
Foto: ist
Sampah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, EDINBURGH -- Dinas Perairan Skotlandia tengah pusing menghadapi sampah 'tak biasa' yang ditemukan di saluran air dan gorong-gorong negara tersebut. Biaya pembersihan dan perbaikan, akibat penyumbatan di saluran-saluran tersebut setiap tahun menelan biaya hingga 7 miliar poundsterling.

Dinas Perairan Skotlandia mengatakan telah berurusan dengan lebih dari 40 ribu penyumbatan di jaringan saluran air dan gorong-gorong. Diantara benda-benda yang ditemukan tahun lalu adalah boneka Winnie the Pooh, sepeda, mesin fax, jeans hingga ular. Penyumbatan lain disebabkan oleh orang-orang yang membuang minyak goreng, popok hingga tisu bayi ke dalam wastafel dan toilet.

Dinas perairan juga merilis benda aneh lainnya yang dibuang ke toilet seperti ponsel, celana jeans, gigi palsu, hingga mainan. Serangkaian iklan televisi dan radio mendorong masyarakat untuk bertanggung jawab dalam membuang sampah rumah tangganya. Iklan juga menyoroti pentingnya penghematan air, dengan melakukan hal sederhana seperti mematikan keran saat menyikat gigi.

Direktur Zero Waste Skotlandia Iaian Gulland mengatakan, menyambut peluncuran inisiatif baru Dinas Perairan Skotlandia untuk meningkatkan kesadaran terkait masalah pembuangan sampah ke saluran air. Hal ini menurutnya bisa menjaga sistem saluran pembuangan limbah menjadi lebih lancar."Sampah merupakan sumber daya dan ada manfaatnya bagi lingkungan dan ekonomi jika dikelola dengan efisien," ujar Gulland.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement