Selasa 18 Feb 2014 10:58 WIB

Tentara Pembebasan Suriah Pecat Kepala Militernya

Rep: Gita Amanda/ Red: Yudha Manggala P Putra
 Pemberontak Tentara Pembebasan Suriah (FSA) saat latihan militer di kawasan Idlib, Suriah.
Foto: AP/Khalil Hamra
Pemberontak Tentara Pembebasan Suriah (FSA) saat latihan militer di kawasan Idlib, Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS-- Tentara Pembebasan Suriah (FSA), memecat kepala militernya Salim Idriss. Idriss selama ini dianggap 'tidak efektif' dan kurang berpengalaman dalam pelaksanaan operasi militer.

Dalam sebuah siaran video di internet pada Ahad (16/2), koalisi oposisi tersebut mengatakan dewan militer telah mumutuskan memberhentikan Idriss. Mereka kemudian menggantinya dengan Brigadir Jenderal Abdel-ilah Albashir.

Kolonel Qassem Saadeddine mengatakan, keputusan tersebut diambil melihat adanya kelumpuhan dalam komando militer beberapa bulan terakhir. Sebuah sumber lain di dalam oposisi mengatakan pada AFP, Idriss menghadapi kritik atas kegagalannya di medan perang.

Aljazirah melaporkan, Dewan Militer Agung menyatakan Idriss tak efektif dan tak memiliki pengalaman militer untuk menjalankan operasi di lapangan. Mereka juga menyatakan, Idriss memiliki hubungan buruk dengan pasukan pemberontak lain yang berjuang di lapangan.

Restrukturisasi kepemimpinan militer FSA dimaksudkan untuk meningkatkan semangat di tubuh FSA. FSA sebelumnya merupakan oposisi bersenjata terkuat di Suriah, namun sekarang semakin terpinggirkan oleh kelompok-kelompok saingan.  Pada Desember lalu, Amerika Serikat dan Inggris bahkan menghentikan bantuan non-mematikannya untuk FSA. Ini menjadi pukulan besar bagi kelompok tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement