Jumat 21 Feb 2014 00:18 WIB

Iran: Parlemen OKI Berperan Persatukan Umat Islam

Ali Larijani
Foto: Reuters/Michaela Rehle
Ali Larijani

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Ketua Majelis (Parlemen) Iran, Ali Larijani, dalam pertemuan dengan mantan sekjen Uni Antar-Parlemen negara-negara Organisasi Kerja sama Islam (OKI) mengatakan bahwa IPU memiliki peran konstruktif dalam pembentukan persatuan di kalangan umat Islam.

Mantan Sekretaris Jenderal Uni Antar-Parlemen OKI (IPU), Eldar Ibrahimov, bertemu dengan Ali Larijani di Teheran pada Rabu sore waktu setempat.

Larijani menghargai upaya Ibrahimov sebagai sekretaris jenderal IPU. Dia mengatakan bahwa upaya direksi serta pejabat IPU telah mengarah untuk memecahkan berbagai masalah dunia Islam saat ini.

''IPU berperan dalam pembentukan persatuan di antara semua umat Islam,'' kata Ali Larijani.

Sementara, Ibrahimov menghargai upaya Iran dalam yayasan dan kegiatan IPU demi persatuan umat Islam dan memecahkan berbagai masalah mereka.

Dia mengatakan pelayanan masyarakat Islam dan kegiatannya diarahkan pada pembentukan persatuan di antara Umma Islam adalah sukses besar bagi sponsor dan para pejabat IPU OKI.

IPU OKI menominasikan Suriah sebagai anggota tetap di Komite Tetap Urusan Palestina untuk perannya sebagai perintis dalam membela perjuangan bangsa Palestina. Kelompok itu juga menominasikan Suriah sebagai anggota tetap dalam Komite Hak Asasi Manusia, Perempuan dan Keluarga.

sumber : Antara/IRNA-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement