Jumat 21 Feb 2014 15:43 WIB

Seorang Turis Inggris Dituduh Curi Berlian Rp 2 M di Australia

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE  -- Seorang turis asal Inggris ditangkap di Bandara Internasional Tullamarine, Melbourne, dengan tuduhan mencuri sebutir berlian langka senilai Rp 2 miliar lebih. Ia hendak meninggalkan Australia menuju Selandia Baru namun keburu ditangkap sebelum naik ke pesawat.

Pria bernama Matthew Mark Luke John Osborne itu, Sabtu(15/2) pekan lalu, berada di Cairns, negara bagian Queensland dan mengunjungi sebuah toko berlian. Pegawai toko mengatakan, ia menunjukkan sebuah berlian warna pink ke Osborne saat itu.

Belum diketahui bagaimana berlian itu kemudian hilang dari toko. Namun polisi dengan melacak jejak sidik jari, telah mencurigai Osborne sebagai pelaku pencurian.

Menurut detektif Greg Giles dari kepolisian Queensland, pihaknya kemudian berhasil melacak keberadaan Osborne di Melbourne. "Ia kami tangkap saat akan terbang ke Selandia Baru," katanya baru-baru ini.

"Kami meminta bantuan bea cukai dan polisi federal. Kami menunggu hingga tersangka meninggalkan Australia. Akhirnya terdeteksi di Melbourne," jelas Giles.

Namun, kata Giles, hingga kini berlian itu belum berhasil ditemukan. Polisi tidak bisa memastikan apakah pria berusia 29 tahun ini telah menelan berlian itu atau justru membuangnya untuk menghilangkan jejak.

"Kami belum bisa menyimpulkan dari hasil X-rays," katanya. "Kami berharap tersangka mau koperatif dalam kasus ini demi kepentingannya sendiri".

Osborne telah dibawa ke pengadilan setempat di Melbourne, Kamis (20/2) dan hakim memutuskan mengirim tersangka ke Queensland untuk menghadapi tuntutan hukum di sana.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement