Jumat 21 Feb 2014 15:59 WIB

Sekjen PBB Kecewa Dengan Perundingan Suriah

 Konflik masih melanda Suriah (ilustrasi)
Foto: Reuters/Jalal Al-Mamo
Konflik masih melanda Suriah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa, Ban Ki-moon, Kamis malam menyatakan kekecewaannya bahwa dua putaran Konferensi Jenewa II gagal mencapai solusi politik atas konflik Suriah.

Dia mengatakan pesimisme tidak dapat mencegah masyarakat internasional untuk melanjutkan usahanya.

"Saya kecewa bahwa dua sesi perundingan politik tidak membawa kemajuan yang baik, tetapi kita tidak boleh terlalu pesimis," kata Ban kepada wartawan dalam menjawab pertanyaan.

"Kita harus terus. Tidak ada pilihan lain selain melanjutkan Konferensi Jenewa ini. Itulah apa yang saya tekankan dan saya telah terus-menerus bahas masalah ini dengan (Perwakilan Khusus Bersama) Lakhdar Brahimi dan saya akan terus melakukan itu," katanya.

Ban mendesak masyarakat internasional untuk memberikan bantuan kemanusiaan untuk jutaan rakyat Suriah di dalam dan di luar negeri.

"Kita harus mendukung mereka. Tetapi, apa yang paling penting adalah bahwa kita harus mengatasi akar-penyebab masalah ini secara mendasar,'' katanya. ''Kita harus mengatasi tantangan politik itu melalui Konferesi Jenewa II.''

sumber : Antara/KUNA-0ANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement