Sabtu 22 Feb 2014 20:30 WIB

Demonstran Kuasai Kantor Presiden Ukraina

Presiden Ukraina Viktor Yanukovych
Foto: Telegraph
Presiden Ukraina Viktor Yanukovych

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Para pengunjuk rasa mengatakan mereka telah menguasai gedung administrasi presiden di bagian tengah Kiev, ibu kota Ukraina. Sementara, para pemimpin oposisi menekan Presiden Viktor Yanukovich supaya mundur pada Sabtu.

"Dia tak ada di sini, tak seorang pun pejabat atau tak ada siapapun yang terkait langsung pemerintahan berada di sini," kata Ostap Kryvdyk, seorang pemimpin unjuk rasa, kepada kantor berita Reuters di halaman gedung itu.

Dia mengatakan para pemerotes tidak menggunakan kekuatan untuk memasuki halaman gedung tersebut.

Pemimpin oposisi Ukraina, Vitaly Klitschko, mengatakan pada Sabtu bahwa Presiden Yanukovich telah meninggalkan Kiev dan negeri ini harus menyelenggarakan pemilihan dini.

"Hari ini dia meninggalkan ibu kota," kata Klitschko dalam sidang darurat parlemen yang memperdebatkan mosi penentangan menyerukan Yanukovich mengundurkan diri. "Jutaan rakyat Ukraina melihat hanya satu pilihan, yakni pemilihan dini presiden dan parlemen.''

Keberadaan Yanukovich belum diketahui walaupun dia diperkirakan pergi ke Kharkiv, kota di bagian timur laut Ukraina.

''Kediamannya di luar ibu kota kosong dan tak dijaga dan para wartawan bebas memasukinya,'' lapor media.

Namun, sebuah sumber senior yang mengurusi keamanan mengatakan kepada Reuters bahwa Presiden Yanukovich masih di Ukraina. "Dia baik-baik saja," kata sumber itu. "Dia di Ukraina."

sumber : Antara/Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement