Ahad 23 Feb 2014 04:53 WIB

Akhir Pelarian Sang Raja Narkotika Dunia

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nidia Zuraya
Narkotika/ilustrasi
Narkotika/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Salah satu raja narkotika paling dicari di dunia, Joaquin Guzman, akhirnya tertangkap. Guzman, yang dikenal sebagai El Chapo ditangkap di negara bagian Sinaloa, Meksiko dalam sebuah operasi gabungan dengan pasukan anti-narkoba Amerika.

 

Guzman telah buron sejak melarikan diri dari penjara keamanan tinggi pada tahun 2001. Dia merupakan pemimpin kartel Sinaloa, yang menyelundupkan sejumlah besar obat-obatan terlarang ke Amerika Serikat. Kartel Sinaloa menguasai sebagian besar pasokan kokain, ganja dan methamphetamine ke Amerika Serikat.

Saat ini, Guzman telah dibawa ke Mexico City dan diarak di hadapan media di hanggar Angkatan Laut. Jaksa Agung Jesus Murillo Karam mengatakan, Guzman kemudian dibawa dengan menggunakan helikopter dengan dikelilingi tentara bersenjata untuk dibawa ke penjara.

Departemen Luar Negeri AS telah menawarkan hadiah sampai 5 juta dolar AS untuk informasi yang mengarah kepada penangkapan Guzman. Dia telah didakwa di Amerika Serikat atas tuduhan perdagangan federal.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement