Senin 24 Feb 2014 22:12 WIB

Nokia Luncurkan Android, Seperti Apa Bentuknya?

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Bilal Ramadhan
Nokia rilis ponsel Android pertama di MWC Barcelona.
Foto: The Verge
Nokia rilis ponsel Android pertama di MWC Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, Akhirnya, Nokia meluncurkan ponsel Android pada hari ini, Senin (24/3). Nokia resmi merilis tiga tipe ponsel Nokia bertenaga Android yang menggunakan desain ponsel mirip Lumia, yaitu tipe X, X+ dan XL. Microsoft mungkin membeli bisnis ponsel Nokia lama, Nokia juga mungkin telah berjanji setia pada perangkat lunak Microsoft Windows Phone itu, tapi perusahaan asal Finlandia ini tidak menghentikan langkahnya untuk bereksperimen dengan Android. Acara peluncuran diumumkan di acara tahunan Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol.

Dikutip Dari Daily Mail, tipe Nokia Android X akan tersedia di pasaran dalam waktu dekat dengan harga 89 euro, sementara X+ dan XL akan hadir pada April mendatang dengan harga 99 euro dan 109 euro. Tipe X dan X+ mengusung layar 4 inci dan XL selebar 5 inci. Nokia X akan mirip dengan Nokia tipe Asha yang menjalankan sistem Windows Phone.

Pasar saat ini memang dikuasai dua tipe sistem operasi, iOS dan Android. Nokia yang terus berinovasi dengan sistem operasi Windows Phone, sebenarnya mulai mendapatkan tempat di pasar tapi masih tetap tertinggal. Ponsel Windows Phone sendiri dikritik karena sulit untuk dioperasikan dan hanya memiliki sebagian aplikasi populer jika dibandingkan dengan platform lain.

Di sisi lain, Android yang memegang pasar mayoritas smartphone unggul secara global dengan memiliki toko aplikasi dengan lebih dari 700 ribu aplikasi didalamnya. Nokia memang tidak meninggalkan Windows Phone sepenuhnya, karena tipe ponsel X akan tetap menambahkan fitur personalisasi yang biasa digunakan di Windows Phone. Perangkat  ini nantinya akan memiliki layanan yang disesuaikan dari Microsoft suite seperti Skype dan penyimpanan Cloud.

"Kami ingin memperkenalkan Microsoft kepada jutaan pengguna baru di pasar smartphone," kata CEO Nokia, Stephen Ellop.

Ellop mengatakan tipe Nokia ini diciptakan untuk memudahkan pasar menjangkau ponsel tipe Lumia yang berbasis Windows. Pasalnya, harga Nokia Android ini lebih terjangkau dibanding Lumia. Joe Belfiore, yang menjalankan tim untuk fokus pada PC, ponsel dan tablet Microsoft mengatakan perusahaan Nokia hanya melakukan apa yang menurut mereka menarik.

"Tentu saja mereka akan melakukan beberapa hal yang menarik," kata dia. Namun menurutnya tipe ponsel ini adalah bagian dari eksperimen.

Nokia keluarga X ini memiliki fitur antarmuka pengguna berbasis ubin yang terinspirasi oleh keluarga Lumia. Semua perangkat datang dengan Fastlane, layar yang memungkinkan orang beralih antara aplikasi favorit mereka lebih lancar. Orang-orang dapat mengakses curated, aplikasi yang kualitasnya teruji dari Nokia Store.

Ada lebih dari selusin pihak ketiga yang memasok aplikasi di toko aplikasi Nokia. Pengguna dapat menikmati pengalaman bertandatanga, termasuk HERE Maps dengan peta offline dan navigasi terpadu. Ada juga Nokia MixRadio, streaming musik dan playlist download. Semua perangkat ini juga difasilitasi dengan berbagai aplikasi dan game.

sumber : Daily Mail
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement