Selasa 25 Feb 2014 07:00 WIB

Ukraina Tunjuk Gubernur Bank Sentral Baru

Rep: friska yolandha/ Red: Muhammad Hafil
Konflik di Ukraina
Foto: VOA
Konflik di Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID,KIEV -- Ukraina menunjuk gubernur bank sentral baru setelah pimpinan sebelumnya, Igor Sorkin mengundurkan diri. Mantan kepala Kredobank ditunjuk sebagai gubernur bank sentral baru Ukraina.

Pengunduran diri Sorkin mengejutkan bagi pemerintahan sementara. Pada 21 Februari lalu, Sorkin baru saja mengadakan pertemuan dengan parlemen bidang keuangan dan perbankan untuk meminta dukungan.

Sorkin tidak menyebutkan alasan pengunduran dirinya. Ia telah lama bekerja di National Bank of Ukraine (NBU) dan menjabat sebagai gubernur sejak Januari 2013.

Sementara, gubernur terpilih menyatakan akan meningkatkan transparansi kerja di NBU. Sebelum terpilih menjadi gubernur, Kubiv menjabat sebahai Kepala Kredobank pada 2000 sampai 2008.

Pada 2008, Kredobank merupakan bank terbesar dari segi aset. Ia menghabiskan 15 tahun di sektor finansial. Salah satu langkah pertamanya adalah melanjutkan kerja sama dengan Dana Moneter Internasional (IMF).

"Perwakilan IMF akan diundang secara resmi dan akan diajak untuk bernegosiasi tentang program baru yang Ukraina perlukan," kata Kubiv.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement