Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Ukraina Cari Bantuan Internasional

Selasa 25 Feb 2014 04:35 WIB

Red: Muhammad Hafil

Konflik di Ukraina

Konflik di Ukraina

Foto: VOA

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV -- Departemen Keuangan Ukraina pada Senin meminta masyarakat internasional memberikan bantuan sebesar 35 miliar dolar AS untuk meningkatkan perekonomian negara itu.

"Selama dua hari terakhir, kami melakukan konsultasi dan pertemuan dengan para duta besar Uni Eropa (EU), Amerika Serikat dan negara-negara lain serta lembaga keuangan untuk pengiriman bantuan keuangan mendesak ke Ukraina," pejabat sementara Menteri Keuangan Yury Kolobov mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Kiev mengusulkan untuk menyelenggarakan konferensi donor internasional dengan partisipasi dari Uni Eropa, Amerika Serikat, Polandia, Dana Moneter Internasional (IMF), dan negara-negara lain serta lembaga-lembaga keuangan internasional untuk mengalokasikan dana bagi reformasi dan modernisasi Ukraina, kata Kolobov.

Dia juga mendesak warga dan pelaku pasar keuangan Ukraina tetap tenang dalam situasi ekonomi yang sulit saat ini, menekankan bahwa pihaknya dan bank sentral sedang bekerja sepanjang waktu untuk memperbaikinya. Kolobov mengatakan Kiev bekerja sama erat dengan mitra internasional untuk memastikan stabilitas keuangan di negara itu.

Juga pada Senin, Arseny Yatsenyuk, seorang anggota kepemimpinan interim Ukraina, mengatakan Ukraina berada dalam bahaya kebangkrutan. "Uang dijarah, negara berada di ambang kebangkrutan," katanya dalam sidang komite di parlemen, mengatakan defisit anggaran Ukraina adalah "luar biasa" dan negara "tidak memiliki dana untuk membayar utang-utangnya."  Pada 2014, Ukraina harus membayar 17,4 miliar dolar utang luar negerinya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA