Kamis 27 Feb 2014 17:57 WIB

Ini Pesan Terakhir Duta Besar AS untuk Cina dan Jepang

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Bilal Ramadhan
Gary Locke,
Foto: www.topnews.in
Gary Locke,

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING-- Duta Besar Amerika Serikat untuk Cina Gary Locke mengungkapkan permintaan terakhirnya sesaat sebelum ia mundur sebagai utusan Washington di Beijing. Ia akan digantikan oleh Senator Max Baucus setelah meninggalkan Cina pada Sabtu.

Locke meminta Cina dan Jepang meredakan ketegangan dalam sengketa Laut Cina Timur. Agar kondisi tidak semakin parah karena konsekuensi yang tidak disengaja. "Kita harus menghindari konsekuensi yang bisa berakibat parah," kata Locke kepada wartawan seperti dilansir Reuters, Kamis (26/2).

Hal itu bisa dihindari asal kedua negara juga menghindari bentrokan yang mungkin terjadi karena kejadian yang tak disengaja. Menurutnya sangat penting bagi kedua belah pihak untuk tetap tenang dan fokus pada diplomasi.

Ia juga menambahkan bahwa Amerika Serikat tidak berpihak pada siapa pun dalam sengketa teritorial yang sudah berkobar sejak 2012. Beberapa pulau tak berpenghuni di kawasan Laut Cina Timur menjadi rebutan antar kedua negara besar ini.

Bersitegang karena sengketa kepemilikian teritorial dipicu saat Perang Dunia Kedua. Cina masih menyimpan kenangan pahit saat Jepang mengokupansi wilayah Cina sebelum dan selama Perang Dunia Kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement