Kamis 27 Feb 2014 19:20 WIB

Dituduh Teroris, Warga Indonesia Ditangkap di Brunei

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Fernan Rahadi
Teroris (ilustrasi)
Foto: pqed.org
Teroris (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR SERI BEGAWAN -- Seorang pria warga negara Indonesia ditangkap di Brunai Darusallam pada 21 Februari 2014 lalu oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri Brunei (ISD). Ia ditangkap atas tuduhan aktivitas terorisme.

Pria yang diidentifikasi bernama Awaluddin Sitorus alias Daniel itu dipercaya berhubungan dengan jaringan militan Jamaah Islamiah (JI) Asia Tenggara, seperti dikutip dari Brunei Times, Kamis (27/2).

JI dianggap sebagai sekutu Alqaidah yang bertanggung jawab atas sejumlah serangan di Asia Tenggara, termasuk aksi terorisme bom Bali pada Oktober 2002 yang menewaskan 202 orang.

Pejabat keamanan Brunei, masih dikutip Brunei Times, mengatakan Awaludin diduga membantu merencanakan militan lain masuk Brunei. Selain itu, ia juga dipercaya menyalurkan pembiayaan pada militan lain di luar negeri. 

Pria yang diperkirakan berusia 40-an itu juga menggunakan nama Abu Yasar, Ustaz Yasin, Abu Yasar, Dani Dainiar, Danalin, dan Dani Sitorus. Orang dengan nama ini ternyata pernah diadili di Indonesia satu dekade lalu atas tuduhan rencana pengeboman tiga gereja di kota Medan pada Mei 2000. Satu bom tersebut melukai 23 orang dan dua bom berhasil dijinakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement