Jumat 28 Feb 2014 13:38 WIB

Ada 10 Masjid, Muslim Tak Perlu Khawatir ke Nepal

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Bilal Ramadhan
Seorang Muslim tengah berdoa di depan Masjid Kashmiri Taqiya, Kathmandu, Nepal.
Foto: Reuters
Seorang Muslim tengah berdoa di depan Masjid Kashmiri Taqiya, Kathmandu, Nepal.

REPUBLIKA.CO.ID, KATHMANDU-- Puncak Everest di Pegunungan Himalaya telah menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan di seluruh dunia untuk menaklukannya melalui Nepal. Taman Nasional Chitwan, yang terletak di jantung Nepal, menjadi rumah aneka flora dan fauna.

Wisatawan dapat menunggangi gajah, mengamati burung dan badak. Meski umat Muslim hanya 4,2 persen dari sekitar 30 juta populasi Nepal, lembaga pemerhati pariwisata Muslim yang bermarkas di Singapura, Crescentrating, telah memasukan Nepal dalam rekomendasi wisata Muslim.

Meski pemeluknya tak sampai sepersepuluh populasi, Islam menjadi agama terbesar ke tiga setelah Hindu dan Buddha. Setidaknya ada 10 masjid jami yang tersebar di seluruh wilayah Nepal. Di pusat Ibukota Nepal, Kathmandu, wisatawan Muslim dapat melaksanakan shalat di beberapa tempat termasuk Masjid Kashmiri dan Masjid Jami Kathmandu.

Di Kota Bhardaha, Provinsi Saptari, ada Masjid Jama Bhardaha. Masjid Jame Gorkha terdapat di kota dan provinsi bernama serupa dengan masjid. Masjid Jame Anjuman Islamiya bisa ditemui di Kota Birganj, Provinsi Pursa. Sebuah masjid juga berdiri di Kota Butwal, Provinsi Rupandehi, Masjid Medina.

Di Kota Bharatpur, Provinsi Chitwan, wisatawan dapat menemukan Masjid Jame Makki. Masjid Jamia Islamia terletak di Kota Biratnagar, Provinsi Morang. Di Kota Patan, Provinsi Lilatpur, sebuah masjid bernama Jame Masjid Patan selalu terbuka dalam lima waktu shalat. Di Provinsi Siraha, terdapat dua masjid.

Masjid Jami dan Madrasah Rampur Birta di Kota Rampur Birta serta Madrasah Mazharul Uloom dan Jama Masjid di Kota Lahan. Selain shalat lima waktu, semua masjid itu juga digunakan untuk melaksanakan shalat Jum'at. Masjid-masjid itu memang sengaja dibangun di kota-kota utama tujuan wisata di Nepal.

Mencari makanam halal di Nepan pun tak terlalu sulit. Jika bingung mencari tempat makan halal, masjid bisa dijadikan tempat bertanya. Beberapa masjid juga dilengkapi kantin makanan halal. Di Kanthmandu, area bernama Thamel Chowk terdapat banyak restoran halal dengan citarasa India, Cina dan Turki.

Wilayah Bagbazar juga merupakan wilayah yang didominasi Muslim. Makanan halal mudah ditemui di sana. Sadar mulai ramainya wisatawan Muslim yang berkunjung ke Nepal, banyak penyelenggara wisata Nepal yang menyediakan paket wisata Masjid dan menyediakan makanan bersertifikat halal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement