Sabtu 01 Mar 2014 20:18 WIB

Sejumlah Maskapai Bangkrut, Kota-kota di Australia Kesulitan Layanan Penerbangan

Maskapai Qantas
Maskapai Qantas

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA -- Sejumlah maskapai di Australia menderita kerugian. Brindabella Airlines adalah satu-satunya operator yang melayani penerbangan ke Kota Mudgee di bagian Barat New South Wales ketika perusahaan itu masuk dalam penilaian kinerja pada bulan Desember.

Sebanyak 140 staf dari maskapai penerbangan yang berbasis di Canberra itu kehilangan pekerjaan mereka.

 

Mudgee memiliki industri makanan dan pariwisata anggur yang tengah naik daun, namun kondisinya jadi berbalik sejak pesawat Brindabella Airline berhenti terbang ke daerah itu tahun lalu.

Juru bicara Dewan Wilayah Kawasan barat Australia, Pip Goldsmith mengatakan penerbangan reguler juga penting untuk menerbangkan dokter spesialis ke wilayah  mereka.

"Kita tahu bahwa layanan penerbangan ke kawasan kami sudah terhenti akibat maskapai yang melayani rute itu sudah tidak ada lagi,”  katanya baru-baru ini.

"Psikiater kami praktis tidak bisa lagi berpraktik di Mudgee karena perjalanan mereka menjadi jauh lebih lama,”  tuturnya.

Penduduk Mudgee juga khawatir kurangnya penerbangan ke kawasan mereka akan berdampak terhadap perekonomian setempat.

Cobar di daerah barat jauh Australia merupakan satu dari lima kota di New South Wales yang saat ini tidak dilayani rute penerbangan menyusul bangkrutnya maskapai Brindabella.

Wali Kota Cobar, Lilliane Brady,  mengatakan warganya sekarang harus berkendaraan tiga  jam untuk mencapai bandara terdekat.

Dewan Transportasi New South Wales saat ini tengan dalam proses mencari operator baru untuk kota-kota yang sebelumnya dilayani oleh Brindabella.

sumber : ABC Australia Network
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement