Sabtu 01 Mar 2014 21:30 WIB

Kanada Kecam Aksi Provokasi Militer Rusia di Ukraina

Militer Rusia saat menggelar operasi militer di wilayah Kaukasus Utara.
Foto: AP
Militer Rusia saat menggelar operasi militer di wilayah Kaukasus Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Menteri Luar Negeri Kanada, John Baird, Jumat (28/2) waktu setempat mendesak Rusia untuk menghindari langkah militer "provokatif" di sepanjang perbatasan dengan Ukraina. Dia menyatakan hal tersebut saat berkunjung ke Kiev.

"Kami menyerukan kepada para tetangga untuk mendukung Ukraina dan menghormati kedaulatannya dan menghindari tindakan yang dapat tampak provokatif," katanya kepada wartawan Kanada.

"Dengan pemikiran ini, saya khawatir jika latihan militer Rusia tidak membantu pada saat ini,'' katanya. "Kami khawatir dengan tindakan provokatif yang terjadi di wilayah tersebut oleh Federasi Rusia."

Kiev menuduh Rusia meluncurkan invasi bersenjata setelah setidaknya 10 helikopter Rusia melintasi perbatasan menuju semenanjung Crimea.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, menempatkan angkatan bersenjatanya di daerah dekat Ukraina pada pertengahan pekan ini dengan siaga tinggi.

Pasukan bersenjata dikerahkan di dua bandara utama di kawasan otonom Crimea yang berbahasa Rusia. Sementara itu, orang-orang bersenjata pro-Rusia merebut parlemen dan gedung-gedung pemerintah di Simferopol lalu mengibarkan bendera Rusia .

sumber : Antara/AFP

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement