Sabtu 01 Mar 2014 23:30 WIB

Menlu Inggris Siap Kunjungi Ukraina

William Hague
Foto: EPA/T. Mughal
William Hague

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Menteri Luar Negeri Inggris, William Hague, akan mengunjungi Kiev, Ukraina, pada Minggu (2/3) untuk melakukan pembicaraan dengan pemerintah sementara Ukraina seiring meningkatnya ketegangan dengan Rusia terkait keadaan di Crimea. Demikian kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Inggris pada Sabtu.

Juru bicara itu tidak merinci lebih lanjut tentang rencana perjalanan Hague ke Kiev. Tetapi, menlu Inggris tersebut kemarin malam melalui akun Twitter pribadinya mengatakan, "Baru saja selesai berbicara dengan Presiden sementara Ukraina (Oleksandr) Turchynov.''

"Saya akan melakukan perjalanan ke Kiev pada hari Minggu untuk pembicaraan dengan pemerintah baru Ukraina," kata Hague pada akun Twitter-nya.

Presiden sementara Ukraina, Turchynov, Jumat telah mengimbau kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, untuk menghentikan provokasi militer dan menarik pasukannya dari Crimea, setelah kelompok bersenjata pro-Rusia menduduki gedung-gedung pemerintah dan parlemen Ukraina di ibukota Simferopol.

Sebelumnya Perdana Menteri Inggris, David Cameron, juga telah menghubungi Putin untuk menekankan pentingnya menghormati integritas teritorial Ukraina.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement