Senin 03 Mar 2014 19:47 WIB

AS dan Inggris Ancam Rusia

Rep: Gita Amanda/ Red: Joko Sadewo
Kerusahn di Ukraina
Foto: VOA
Kerusahn di Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON-- Menteri Luar Negeri Inggris William Hague memperingatkan, gejolak di Ukraina adalah 'krisis terbesar' yang dihadapi Eropa di abad 21. Ia mengatakan, jika Rusia tak menarik mundur pasukannya akan ada 'harga mahal yang harus dibayar'.

Hague mendesak Ukraina dan Rusia segera mengadakan pembicaraan. Ia menyarankan G8 untuk mengancam keanggotaan Rusia, jika tak segera melakukan penarikan pasukan.

Selama ini Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, penempatan pasukannya untuk melindungi orang-orang Rusia di Ukraina. Invasi militer Ukraina, memicu mobilisasi militer penuh Ukraina.

David Cameron dan Barack Obama telah membahas masalah Ukraina melalui sambungan telepon, pada Ahad (2/3). Mereka sepakat, Rusia akan 'membayar mahal' jika tak segera menarik pasukannya dari Crimea.

Haque yang melakukan perjalanan ke Kiev untuk bertemu pemerintah baru Ukraina mengatakan, Rusia memiliki kepentingan di wilayah itu. Tapi ia mengatakan tindakan Rusia tak dapat diterima. Hague menyatakan, perlunya dukungan kuat dari masyarakat internasional untuk mengakhiri krisis Ukraina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement