Selasa 04 Mar 2014 08:49 WIB

Rouhani: Iran Bertekad Eratkan Hubungan Dengan Saudi

Presiden Iran Hassan Rouhani
Foto: AP
Presiden Iran Hassan Rouhani

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Presiden Iran, Hassan Rouhani, Senin (3/3) mengatakan pemerintahnya bertekad untuk mengembangkan hubugan baik dan persaudaraan dengan semua negara-negara Islam, khususnya Arab Saudi.

"Tidak ada keraguan kerja sama antara Iran dan Arab Saudi akan menguntungkan stabilitas dan keamanan di seluruh wilayah ini," kata Rouhani saat menerima duta besar baru Arab Saudi untuk Teheran, Abdulrahman Al - Shehri, yang menyajikan surat-surat kepercayaan.

"Pemerintah Iran saat ini terpanggil untuk memperbaiki hubungan baik dan persaudaraan dengan Arab Saudi di bidang politik, ekonomi dan budaya serta untuk bertukar pandangan atas semua isu regional dan internasional," katanya seperti dikutip oleh media-media resmi.

Rouhani mengatakan ekstremisme dan terorisme membahayakan kawasan itu. Dia menyatakan perbedaan-perbedaan yang tidak benar dan kekeliruan di antara sekte-sekte Islam telah menciptakan atmosfer yang tidak benar di wilayah tersebut.

Dubes Al-Shehri mengatakan hubungan baik antara orang-orang Saudi dan Iran adalah unsur penting untuk meningkatkan hubungan antara kedua negara.

"Hubungan-hubungan antara Teheran dan Riyadh akan menyaksikan pembangunan yang belum pernah terjadi sebelumnya di bawah kepemimpinan Presiden Rouhani yang bijaksana," katanya.

Al-Shehri memuji kebijakan baru pemerintah Iran yang membuka cakrawala baru antara kedua negara. Dia mengatakan bahwa para pejabat Saudi menaruh harapan tinggi pada kebijakan kepemimpinan Iran itu.

sumber : Antara/KUNA-0ANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement