Selasa 04 Mar 2014 09:10 WIB

Kabut Asap Kebakaran Lahan Selimuti Malaysia

Kabut Asap/ilustrasi
Foto: antara
Kabut Asap/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Kabut asap menyelimuti beberapa wilayah di Malaysia akibat kebakaran lahan terbuka dan hutan di negara ini, sehingga tujuh kawasan mencatatkan Indeks Pencemaran Udara (IPU) tidak sehat.

Menurut laman resmi Kantor Lingkungan Hidup (JAS) Malaysia, Selasa, kawasan yang dinyatakan tidak sehat adalah Pelabuhan Klang dengan IPU mencapai 143, Seri Manjung, Perak (110), Shah Alam (110), Banting (108), Petaling Jaya (108), Muar (105) dan Kuala Selangor (104).

Di 20 kawasan lain termasuk Kuala Lumpur, IPU mencapai level sederhana antara 68-100. Dari pantauan Antara, Selasa, kabut asap tampak semakin tebal di kawasan Kuala Lumpur dan sekitarnya dan tercium bau asap yang mengganggu kenyamanan.

Sedangkan sekolah-sekolah di Selangor, khususnya di sekitar Pelabuhan Klang diimbau untuk mengurangi aktivitas luar ruangan.

Kepala Kantor Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Malaysia, Datuk Wan Mohd Nor Ibrahim, mengatakan lebih dari 500 laporan kebakaran lahan diterima pihaknya sejak Sabtu (1/3).

Ia mengatakan kebakaran tersebut melibatkan hutan, semak belukar, dan lahan gambut yang sukar ditangani. Kebakaran diperkirakan akan terus berlangsung hingga berakhirnya musim panas dan kering ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement