Kamis 06 Mar 2014 11:00 WIB

Garpu Tusuk Penghitung Lemak Daging Domba Diuji coba

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA -- Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan untuk  menentukan kelas mutu daging domba dari hanya sekadar terlihat bagus di mata saja. Oleh karena itu Otoritas Daging dan Ternak Australia saat  ini tengah menyelidiki manfaat dari garpu tusuk baru yang diklaim dapat membantu pengolah daging lebih baik dalam memilih domba untuk kualitas dagingnya.

Garpu  tusuk genggam yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan Denmark ini dapat mengukur lemak intramuskular yang terdapat  didalam jaringan otot daging domba dengan menggunakan arus listrik.

 

Richard Apps, manajer penelitian produksi domba di  MLA mengatakan garpu tusuk terobosan baru ini dapat ditusukan kedalam lemak melalui daging.

"Arus listrik akan mengalir melalui garpu dan akan memicu lebih banyak perlawanan terhadap aliran arus listrik tersebut, tergantung pada berapa banyak kadar lemak yang dimiliki jaringan daging domba tersebut.

"Itu tantangan yang hendak dilihat sehingga kita dapat mengkalibrasi resistensi aliran listrik itu untuk memperkirakan kandungan lemak intramuskular pada daging domba."

MLA telah mengirimkan beberapa sampel daging ke Denmark untuk pengujian dan Badan Kerjasama Pemasaran Daging Australia Barat (WAMMCO) akan melakukan uji coba lebih lanjut di rumah potong hewan di Katanning.

 

Apps mengatakan jika uji coba ini berhasil, garpu tusuk elektronik ini akan digunakan oleh para pengolah daging dikawasan lain di Australia untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam menentukan kelas daging domba untuk kualitas dagingnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement