Jumat 07 Mar 2014 03:30 WIB

AS Bujuk Rusia Berunding Dengan Ukraina

Konflik di Ukraina
Foto: VOA
Konflik di Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, Rabu mengatakan bahwa diskusi-diskusi serius dengan Rusia dan Ukraina akan terus dilanjutkan pada beberapa hari mendatang dengan harapan menjamin peredaan ketegangan-ketegangan di antara mereka.

"Kami memulai proses hari ini bahwa kami berharap pada akhirnya akan menghasilkan peredaaan ketegangan," kata Kerry kepada wartawan setelah sehari melakukan perundingan diplomatik di Paris dengan Rusia yang menolak tunduk pada tuntutan Barat untuk pembicaraan langsung dengan pemerintah Ukraina yang baru.

Kerry mengatakan dia akan melanjutkan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, di Roma pada Kamis di mana keduanya akan menghadiri pertemuan tentang Libya.

Dia mengatakan pembicaraan Rabu telah berlangsung konstruktif. "Saya lebih suka pertemuan kita hari ini daripada kemarin,'' kata Kerry.

"Saya akan berhubungan dengan menteri luar negeri dan perdana Menteri Ukraina nanti malam," katanya. "Kami telah melakukan diskusi yang sangat menyeluruh hari ini. Ini sulit, hal yang sulit. Ini sangat serius."

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement