Jumat 07 Mar 2014 03:40 WIB

AS Jamin Latvia Tak Terdampak Krisis Ukraina

Wapres AS Joe Biden
Wapres AS Joe Biden

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Wakil Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, melakukan pembicaraan dengan Presiden Latvia, Andris Berzins, pada Rabu sebagai pertanda jaminan di tengah kecemasan mengenai sikap Rusia menyusul serangan ke Krimea.

Kedua tokoh menyatakan keprihatinan mereka atas pelanggaran yang jelas dari Rusia atas kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina. Keduanya mendiskusikan bagaimana cara terbaik untuk mengatasi masalah itu dengan resolusi damai.

"Wakil Presiden menegaskan kembali sikap awal Amerika Serikat dan melanjutkan komitmen terhadap perdamaian dan keamanan di kawasan Baltik," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Latvia, sebuah republik sosialis Soviet selama 50 tahun, kembali merdeka setelah berakhirnya Perang Dingin dan sekarang menjadi anggota Uni Eropa dan NATO.

Negara demokrasi parlementer itu juga memiliki minoritas yang cukup besar penduduk Rusia. Salah satu pembenaran menyatakan Moskow bermaksud memasuki Semenanjung Krimea di Ukraina adalah untuk menjamin keamanan warga negara Rusia di wilayah itu.

Pendekatan Biden adalah upaya terbaru oleh pemerintahan Barack Obama untuk menjangkau negara-negara Eropa Timur, seperti bekerja melalui saluran diplomatik untuk meredakan kebuntuan yang kini berkembang di Ukraina.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement