Jumat 07 Mar 2014 10:49 WIB

Alhamdulillah, Industri Keuangan Islam Tumbuh Pesat di Maladewa

Rep: Ichsan Emrald Alamsyah/ Red: Bilal Ramadhan
Ekonomi syariah (ilustrasi)
Foto: aamslametrusydiana.blogspot.com
Ekonomi syariah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALE-- Pemerintah Maladewa menyampaikan kalau Industri keuangan syariah tumbuh pesat di negara kepulauan tersebut. Hal ini karena meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menghilangkan pengaruh bunga dalam kehidupan mereka.

Wakil Menteri Agama Islam, Aishath Muneeza, menyampaikan dikutip dari minivannews, Kamis (6/3), industri keuangan Islam menyebar seperti api sejak diperkenalkan melalui perbankan dan pasar modal di 2011. Permintaannya pun meningkat pesat di negara dengan populasi muslim mencapai 100 persen tersebut.

Ia pun berharap di tahun-tahun mendatang Maladewa bisa menjadi pusat studi kasus untuk membuktikan keberhasilan keuangan syariah. Ia menulis di laman Islamic Finance News, industri keuangan syariah pertama kali muncul melalui kehadiran asuransi syariah di 2003.

Ketika itu takaful memperkenalkan perlindungan aset dan properti dengan berbagi resiko bersama.Namun setelah kehadiran perbankan dan pasar modal syariah, industri keuangan syariah tumbuh pesat. Bahkan ekonomi syariah menjadi bagian integral dari pembangunan bangsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement