Sabtu 08 Mar 2014 21:19 WIB

Murid SD Donasikan Uang Saku Bantu Korban Kebakaran Lahan

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA -- Sekelompok siswa Sekolah Dasar di Barat Sydney menyisihkan uang saku mereka untuk menolong rekannya sesama siswa SD di kawasan Blue Mountain yang kehilangan rumah dalam peristiwa kebakaran lahan di kawasan itu tahun lalu.

Para pelajar dari Sekolah Negeri Blaxcell Street di Granville berkunjung ke kawasan pegunungan di  Blue Mountain untuk menyerahkan cek dari hasil uang sumbangan yang mereka kumpulkan senilai AUD $1,587 atau sekitar Rp16 juta kepada Sekolah Negeri Ellison di Springwood.

Salah seorang siswa Blaxcell Street, Jordan Wilkinson, 11, bercerita kalau gagasan penggalangan dana ini muncul setelah sepupunya yang bersekolah di Springwood kehilangan rumah tinggalnya setelah kebakaran lahan.

"Saya  menyumbangkan uang saku saya karena jika rumah saya hangus dilalap api, maka saya juga ingin orang membantu saya juga," katanya.

"Donasi seperti ini sangat penting bagi korban  yang kehilangan peralatan belajar mereka dalam peristiwa kebakaran, dan saya hanya ingin melihat teman-teman saya di Springwood bisa memiliki kesempatan untuk kembali belajar," tuturnya kepada ABC.

Kepala sekolah di SD Negeri Ellison, Rob Hutchinson, mengatakan uang sumbangan itu akan langsung diberikan kepada siswanya yang kehilangan rumah.

“Uang donasi ini akan kami salurkan kepada murid-murid korban kebakaran lahan yang kehilangan rumah tinggal,” katanya.

Hutchinson mengaku sangat terharu dengan kebaikan hati yang ditunjukan murid-murid di SD Blaxcell Street.

"Anak-anak itu bahkan belum pernah datang ke pegunungan (Blue Mountain), tapi mereka bersedia merogoh uang sakunya untuk disumbangkan kepada kami dan itu sangat berarti sekali,” tambah Hutchinson.

Dua sekolah itu juga mengumumkan akan melakukan kerja sama persaudaraan antarsekolah.

Lebih dari 200 rumah hangus dilalap api ketika kebakaran lahan melanda kawasan Blue Mountain pada Oktober tahun 2013 lalu.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement