Senin 10 Mar 2014 14:05 WIB

Pameran Patung Promosikan Kota Bersejarah di Sydney

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Warga Kota Sawmiller di Utara Sydney punya cara unik untuk mempromosikan kotanya yang bersejarah. Pengelola kota menggelar pameran patung akbar  yang diikuti oleh puluhan perupa terkenal di Australia. Sebanyak 70 buah patung dipamerkan dalam event itu.

Sebuah koleksi patung modern didirikan di dekat sisa-sisa lokasi pabrik penggergajian kayu tua di McMahons Point sebagai bagian dari pameran besar yang dibuka sejak Sabtu (8/3) lalu oleh Gubernur NSW Professor Marie Bashir.

Dalam pameran ini pematung asal Walcha James Rogers memenangkan hadiah AUD$20,000 untuk karya patung besi transparannya  yang diberi judul Moire Bay. 

Sementara patung kapal besi Nerine Martini memenangkan kategori seniman pendatang baru.

Ini merupakan pameran patung yang ketiga kalinya digelar di Kota Sawmillers.

"Sawmiller merupakan kota yang sangat indah dan terletak di kawasan Pelabuhan Sydney,  namun belum banyak orang yang tahu,” kata salah seorang panitia pameran, baru-baru ini.

"Para pematung mengaku kalau karya mereka belum pernah terlihat begitu indah dibandingkan ketika ditempatkan disini,” tambahnya.

Sebanyak 72 artis turut ambil bagian memamerkan karya mereka, termasuk pematung terkenal Michael Le Grand, Michael Snape, Rae Bolotin dan Stephen Coburn, begitu juga seniman berbakat lain yang sedang naik daun dan tidak ketinggalan mahasiswa seni tingkat akhir dari sejumlah universitas.

Pameran akan berlangsung hingga 16 Maret mendatang.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement