Senin 10 Mar 2014 09:12 WIB

Bahas Rusia, Obama Undang PM Interim Ukraina ke Gedung Putih

Rep: Gita Amanda/ Red: Nidia Zuraya
Ukraina
Foto: Sergei Grits/AP
Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan bertemu dengan Perdana Menteri Interim Ukraina akhir pekan ini. Pertemuan dimaksudkan untuk memberikan dukungan atas ketegangan yang semakin meningkat, setelah pengambilalihan Krimea oleh Rusia.

Obama akan menjadi tuan rumah pembicaraan dengan PM Arseniy Yatsenyuk, yang rencananya akan bertemu Rabu (12/3) mendatang. Wakil Penasihat Keamanan Nasional AS Tony Blinken mengkonfirmasi laporan tersebut.

"Dia (Obama) telah mengundang Perdana Menteri Ukraina untuk datang ke Gedung Putih pada hari Rabu untuk lebih menunjukkan dukungan," kata Blinken di program Meet the Press NBC televisi, seperti dilansir Ahram Online, Senin (10/3).

Dalam sebuah pernyataan Gedung Putih pada Ahad (9/3) kemarin, menyatakan kunjungan akan menyoroti dukungan kuat AS untuk Ukraina. Kedua pemimpin rencananya akan membahas, cara untuk menemukan resolusi damai atas intervensi militer Rusia.

"Mereka juga akan membahas dukungan komunitas internasional untuk membantu Ukraina menghadapi tantangan ekonomi, dan pentingnya menyatukan Ukraina dan bekerja untuk memenuhi aspirasi rakyat Ukraina saat mereka mempersiapkan diri untuk pemilihan presiden Mei," ungkap pernyataan Gedung Putih.

Yatsenyuk sebelumnya telah mengumumkan di Kiev bahwa ia akan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat. Tetapi ia tidak memberikan rincian pertemuan yang direncanakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement