Senin 10 Mar 2014 12:59 WIB

Dua Kapal RI Tiba di Lokasi Diduga Jatuhnya MAS

Malaysia Airlines
Foto: AP/Vincent Thian
Malaysia Airlines

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Indonesia menerjunkan lima kapal untuk membantu pencarian pesawat Malaysian Airlines MH370. Dua dari lima kapal telah tiba di sekitar perairan yang diduga tempat jatuhnya pesawat.

"Dua KRI, Krait dan Matacora sudah masuk dalam lokasi yang diduga tempat jatuhnya pesawat," kata Gugus Keamanan Laut Komandan Armada Barat Laksamana Pertama TNI Harjo Susmoro di Batam, Senin.

Harjo mengatakan bahwa pihaknya sudah mengerahkan dua KRI yang kebetulan beroperasi di sekitar Selat Malaka sejak Ahad (9/3). Namun, kapal tersebut baru bisa memasuki wilayah Perairan Malaysia sekitar pukul 00.30 WIB, setelah mendapatkan izin dari Malaysia.

Malaysia membagi 10 sektor pencarian pesawat, A hingga J di sekitar lokasi yang diduga tempat jatuhnya kapal, 280 derajat dari Pulau Penang, dengan jarak 80 mil. KRI Krait menempati Sektor D dan KRI di Sektor F.

Sementara tiga KRI lainnya masih dalam menuju sektor pencarian. KRI Sutanto menuju sektor J, KRI Tarihu Sektor E dan KRI Iribva Sektor C. TNI AL juga mengirim pesawat Casa Umar 621 untuk mencari pesawat Malaysia.

Sampai saat ini seluruh armada yang ditugasi mencari pesawat Malaysia, belum menemukan titik terang. "Masih nihil," kata dia.

Selain KRI dan kapal-kapal Malaysia, kapal dari Thailand juga dilibatkan dalam pencarian pesawat yang hilang itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement