Rabu 12 Mar 2014 06:24 WIB

Cina Contoh 10 Perusahaan untuk Dirikan Bank Swasta

Rep: Nora Azizah/ Red: Mansyur Faqih
Bendera Cina. Ilustrasi.
Foto: Reuters
Bendera Cina. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, CINA -- Perusahaan internet Alibaba dan Tencent terpilih sebagai pelopor skema percontohan bank swasta di Cina. Alibaba dan Tencent merupakan bagian dari 10 perusahaan yang terpilih. 

Seperti diberitakan BBC News, Selasa (11/3), Cina mengambil langkah tersebut untuk membuka sektor keuangan. Lima bank pertama akan didirikan di Tianjin, Shanghai serta di provinsi Zhejiang dan Guangdong. Namun tidak ada jadwal pasti mengenai kesiapan bank secara operasional. 

Presiden China Banking Regulatory Commission (CBRC) Shang Fulin mengumumkan kabar tersebut saat konferensi pers di sela-sela Kongres Nasional Rakyat yang berlangsung di Beijing.

Banyak media Cina mengatakan, masing-masing bank akan disponsori oleh setidaknya dua investor. Meski pun tidak ada rincian mengenai struktur kepemilikan. 

Shang mengatakan, bank-bank swasta tetap akan tunduk pada peraturan yang sama seperti BUMN mau pun bank komersial yang beroperasi di seluruh Cina. Namun layanan keuangan kreditur swasta akan diarahkan melayani usaha kecil dan mikro, serta komunitas perumahan.

Pengamat Ekonomi Cina Shen Jianguang dari Mizuho Efek mengatakan, pergerakan ini menandai kemajuan bagi perekonomian terbesar kedua di dunia. "Ini akan meningkatkan persaingan di sektor peminjaman yang selama ini di monopoli bank BUMN," katanya. Sebab selama ini perusahaan kecil sulit mendapatkan pinjaman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement