Rabu 12 Mar 2014 09:31 WIB

Ssttt, Apa Yang Kita Tidak Ketahui Tentang Malaysia Airlines MH370? (2- Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Bilal Ramadhan
Italian Luigi Maraldi whose stolen passport was used by a passenger boarding a missing Malaysian airliner, shows his passport as he reports himself to Thai police at Phuket police station in Phuket province, southern Thailand Sunday, March 9, 2014. Maraldi
Foto: AP/Krissada Muanhawang
Italian Luigi Maraldi whose stolen passport was used by a passenger boarding a missing Malaysian airliner, shows his passport as he reports himself to Thai police at Phuket police station in Phuket province, southern Thailand Sunday, March 9, 2014. Maraldi

REPUBLIKA.CO.ID, Sejumlah pertanyaan dan kebingungan mengelilingi seputar rincian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang beberapa waktu lalu. Kebingungan itu mulai dari posisi terakhir pesawat sebelum hilang, hingga referensi aneh mengenai penumpang gelap yang dikatakan mirip pesepakbola Mario Balotelli.

ROLers, berikut adalah sejumlah pertanyaan dan pembahasan yang berkembang tentang MH370, dilansir dari the Guardian, Rabu (13/2);

3. Siapakah empat penumpang gelap di MH370?

Hanya dua penumpang yang diketahui telah terbang dengan MH370 dengan menggunakan paspor curian. Dalam sebuah foto yang diperoleh Sekretaris Jenderal Interpol, keduanya diduga orang Iran bernama Mohammad Nour Pouria Mehdad (19 tahun) dan seorang yang masih belum teridentifikasi namanya yang kemungkinan besar mencari suaka di Eropa. Dia menggunakan paspor Austria yang dicurinya.

Ada kebingungan di sini karena Menteri Dalam Negeri Malaysia menggambarkan bahwa penumpang gelap itu adalah orang Asia (berkulit putih), namun hal itu kemudian dibantah oleh Kepala Penerbangan Sipil Malaysia, Azharuddin Abdul Rahman yang mengatakan bahwa salah satu penumpang gelap itu mirip dengan pesepakbola dunia, Mario Balotelli (berkulit hitam).

Media menganggap penumpang gelap itu pastinya berkulit hitam. Kementerian Perhubungan Malaysia juga mengonfirmasikan bahwa Azharuddin tidak bermaksud rasis dengan menunjukkan kebangsaan melainkan hanya rincian etnis kulitnya saja. Menteri Pertahanan Malaysia, Hishammuddin Hussein mengatakan pekan ini bahwa pihak berwenang sedang melihat dua kasus yang memungkinkan ada empat identitas mencurigakan di dalam pesawat MH370. "Ada empat orang," ujarnya.

Sampai saat ini, Pemerintah Malaysia belum memberikan informasi lebih lanjut. Media pemerintah Cina mengatakan salah satu paspor yang dicuri itu kemungkinan milik seorang pria dari Fujian, Cina Timur. Namun, ketika dikonfirmasi, pria yang dilaporkan tersebut menyatakan kepada polisi bahwa passpornya sama sekali belum hilang atau dicuri.

4. Bagaiman dengan penumpang yang check-in namun tidak ikut terbang?

Pada Senin awal pekan ini, Kepala Penerbangan Sipil Malaysia menyatakan bahwa ada lima calon penumpang yang check-in, namun mereka tidak ikut penerbangan. Pada Selasa, Inspektur Jenderal Polisi Malaysia mengonfirmasikan kabar berbeda bahwa seluruh penumpang Malaysia Airlines sudah naik. Hanya satu orang yang tidak ikut terbang karena mereka salah jadwal. Sementara Malaysia Airlines mengatakan bahwa keempat orang itu telah memesan tiket, namun tidak pernah check-in.

ROLers, simpang siurnya kabar tentang MH370 masih berkembang. Semoga tim pencari berhasil menemukan keberadaan pesawat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement