Kamis 13 Mar 2014 04:52 WIB

Bendera New Zealand Berubah, Ini Sikap Australia

Rep: c64/ Red: Mansyur Faqih
New Zealand
Foto: TNZ
New Zealand

REPUBLIKA.CO.ID, NEW ZEALAND -- Pemerintahan New Zealand mengganti lambang berderanya yang hampir menyerupai bendera Autralia. "Tidak ada permintaan untuk New Zealand mengenai pergantian bendera nasionalnya, setelah hari referendum telah disahkan," ujar Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop, seperti dilansir BBC.

Bishop menambahkan, Australia bisa mengetahui perbedaan dari kedua bendera tersebut. Antara Australia dan New Zealand keduanya termasuk negara pesemakmuran Inggris. Sehingga gambar dari bendera kedua negara tersebut mengambil warna dan bentuk dari bendera Inggris. 

"Perubahan bendera itu bukan isu yang besar untuk mengalihkan perhatian Australia," lanjutnya.

Perbedaan dari kedua bendera tersebut adalah warna dan bentuk bintang. Pada bendera Autralia, bentuk bintang memiliki tujuh sudut lancip dan berwarna putih. 

Sedangkan New Zealand menggunakan bintang yang memiliki lima sudut lancip dan berwarna putih di bagian luar dan merah di bagian dalam.  

"Saya sangat terbuka dengan ide-ide yang diberikan mengenai perubahan bendera New Zealand dan mempertahankannya dan inilah hasil dari proses itu." 

Perdana Menteri New Zealand, John Key menambahkan, referendum perubahan sudah direncanakan sejak tiga tahun yang lalu. Ia mengaku percaya, desain bendera nasional New Zealand adalah simbol dari sebuah perjuangan era kolonial dan pascakolonial dahulu. 

"Perubahan bendera nasional New Zealand ini adalah tanda perubahan New Zealand untuk lebih maju," kata Key.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement