Kamis 13 Mar 2014 15:37 WIB

Obama Janji Bantu Penuh Ukraina Terkait Sengketa dengan Rusia

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Bilal Ramadhan
Barrack Obama
Foto: Charles Dharapak/AP
Barrack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON-- Perdana Menteri Ukraina, Arseny Yatseniuk telah bertemu dengan Presiden AS Barack Obama di Gedung Putih, Rabu (12/3). Di hadapan media, Obama berjanji untuk berada disamping Ukraina dan membantu penuh dalam sengketa dengan Rusia.

Obama memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa masyarakat Internasional akan memaksanya mundur dari Crimea. Dalam kesempatan yang sama setelah melakukan diskusi, Yatseniuk mengatakan ia tidak akan pernah menyerah terhadap Rusia.

"Kami tidak dapat menerima ada Rusia di tanah Ukraina di abad 21, hal ini melanggar perjanjian internasional," katanya.

Sebelumnya, pemimpin kelompok G7 (yang terdiri dari negara industri: Inggris, Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang dan Amerika Serikat) juga mengeluarkan ancaman kepada Rusia jika tidak angkat pasukannya dari Crimea.

Obama juga menegaskan AS tidak akan mengakui referendum Crimea karena dianggap tidak sesuai dengan hukum internasional. Ia juga mengatakan langkah itu adalah cara yang terlalu tergesa-gesa. Kontributor BBC Rajini Vaidyanathan melaporkan dari Washington, bentuk dukungan ini adalah cara yang sangat umum dari Amerika kepada pemerintah sementara Ukraina.

Sementara Obama dan Yatseniuk mengadakan pembicaraan, Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS juga mengadakan perundingan. Mereka menyetujui dana jaminan pinjaman yang akan diberikan kepada pemerintah baru Ukraina sebesar 1 miliar dolar AS.

Mereka juga membuat kemungkinan untuk menjatuhkan sanksi segera terhadap para pejabat Ukraina. Pada Rabu, Senat memberikan sanksi ekonomi terhadap Moskow.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement