Sabtu 15 Mar 2014 09:56 WIB

Pertemuan Obama-Abbas, Apa yang Akan Dibahas?

Barrack Obama
Foto: Charles Dharapak/AP
Barrack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON-- Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan menyambut Presiden Otorita Palestina Mahmud Abbas di Gedung Putih Senin, dan Obama berharap untuk meninjau dengan Abbas mengenai kemajuan perundingan-perundingan Palestina-Israel, kata Sekretaris Pers Gedung Putih Jay Carney.

"Mereka juga akan membahas upaya kami untuk terus bekerja sama memperkuat lembaga-lembaga yang dapat mendukung pembentukan negara Palestina," kata Carney saat briefing Jumat.

"Itu adalah sesuatu yang kita dan banyak orang lain telah kerjakan dengan Presiden Abbas dan juga dilakukan oleh Otoritas Palestina."

"Saat ia melakukan pertemuan baru-baru ini di Gedung Putih dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Obama memuji Abbas" mengenai keputusan-keputusan sulit, dan bahwa setiap pemimpin telah berbuat sejauh ini dalam upaya untuk memajukan proses ke depan," kata Carney.

"Dia akan berbicara tentang perlunya untuk membentuk satu kerangka kerja guna memajukan pembicaraan-pembicaraan dan kebutuhan - seperti yang terjadi - untuk keputusan-keputusan sulit tambahan yang akan diambil sehingga kita dapat melihat resolusi konflik yang telah berlangsung selama ini, waktu yang lama, dan yang menghasilkan dua negara, negara Palestina yang berdaulat dan demokratis, serta negara Yahudi Israel yang aman," kata Carney.

"Kami berharap bahwa kita akan melihat kemajuan," tambahnya. "Ini telah menjadi masalah yang sangat sulit untuk waktu dan sangat lama."

"Ini adalah salah satu masalah di mana Menteri (Luar Negeri John) Kerry dan Presiden Obama telah terlibat secara langsung. Kami melakukan segala yang kami bisa sebagai mitra baik Israel dan Palestina dalam mencoba untuk membantu mereka bergerak maju dalam proses yang sulit ini."

sumber : Antara/KUNA-0ANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement