Senin 17 Mar 2014 11:43 WIB

AS Kembali Kirim Senjata ke Irak

Rep: Gita Amanda/ Red: Hazliansyah
Tentara AS di Baghdad,Irak.
Foto: AP/Maya Alleruzzo
Tentara AS di Baghdad,Irak.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Amerika Serikat mengirimkan 100 rudal lapis baja, bersama dengan senapan serbu dan peluru. Rangkaian senjata itu untuk membantu Irak mengkampanyekan anti-terorisme di negara tersebut.

Kedutaan Besar AS di Irak mengatakan, AS telah mengirim 100 rudal Hellfire bersama senapan dan amunisi. Dalam pernyataan yang dikeluarkan Ahad (16/3), pengiriman dilakukan awal bulan untuk membantu memperkuat pasukan Irak memerangi Negara Islam Irak dan Levant (ISIL).

"Sangat penting untuk Pasukan Keamanan Irak dilengkapi dengan persenjataan modern dan efektif mengingat ancaman serius ISIL di Irak," kata pernyataan itu, dikutip dari Aljazirah, Senin (16/3).

Dari pernyataannya, AS juga berjanji mengirim lebih banyak senjata ke Irak dalam beberapa minggu mendatang.

Ia menambahkan, sejak pertengahan Januari, pasukan keamanan Irak telah menerima lebih dari sebelas juta butir amunisi. Tak hanya itu, Irak juga telah menerima ribuan senapan mesin, senapan sniper, senapan serbu dan granat.

Sejak akhir Desember, pasukan keamanan di kota di barat Irak telah terlibat bentrokan sengit dengan pemberontak dan kelompok bersenjata. Para pejuang menguasai kota Fallujah dan Ramadi di Provinsi Anbar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement