Selasa 18 Mar 2014 14:45 WIB

Angkatan Udara Vietnam-AS Tingkatkan Hubungan

Angkatan Udara Vietnam
Foto: talkvietnam.com
Angkatan Udara Vietnam

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Perwakilan Angkatan Udara Rakyat Vietnam dan Angkatan Udara Pasifik Amerika Serikat (PACAF) Senin di Hanoi membahas cara-cara untuk meningkatkan hubungan antara angkatan udara kedua negara selama kunjungan kerja yang terakhir ke Vietnam.

Bidang kerja sama tersebut antara lain meliputi bantuan kemanusiaan, pencarian dan penyelamatan, kedokteran militer, dan pelatihan pilot, menurut laporan e-Portal pemerintah Vietnam.

Kepala Staf Umum Tentara Rakyat Vietnam, Wakil Menteri Tentara Rakyat dan Pertahanan Do Ba Ty mengatakan pada pertemuan itu, bahwa pembentukan kemitraan komprehensif Vietnam-AS meletakkan landasan untuk kerja sama pertahanan bilateral kedua negara di tingkat tinggi baru.

Ty mendesak kedua angkatan udara untuk lebih bertukar delegasi tingkat tinggi, dan meningkatkan hubungan di bidang berbagi informasi, pengalaman penyelamatan maritim, penelitian medis angkatan udara, pelatihan bahasa Inggris bagi tentara Vietnam, perbaikan pasca-perang, menemukan orang Amerika yang hilang dalam perang.

Jenderal Herbert Carlisle, komandan Angkatan Udara Pasifik AS, untuk bagiannya mengatakan pada pertemuan itu bahwa dalam waktu mendatang, kedua pihak akan bertukar informasi lebih lanjut untuk kepentingan bersama.

PACAF akan bekerja erat dengan angkatan udara Vietnam untuk melatih petugas, memperkuat kerja sama kedokteran angkatan udara, penyelamatan bencana alam, penyelamatan penerbangan dan memastikan keselamatan penerbangan, kata Carlisle.

sumber : Antara/Xinhua/Oana
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement