Selasa 18 Mar 2014 18:43 WIB

Pencarian MH370 Mencakup 2,24 Juta Mil Laut

Malaysia Airlines
Malaysia Airlines

REPUBLIKA.CO.ID,  KUALA LUMPUR -- Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein menjelaskan operasi pencarian pesawat MAS MH370 yang hilang sejak Sabtu (8/3) lalu sudah mencakup area seluas 2,24 juta mil laut persegi di koridor utara dan selatan.

"Ini area yang sangat luas dan Malaysia tidak bisa melakukannya sendiri. Kami butuh bantuan internasional." katanya dalam jumpa pers di Hotel Sama-Sama KLIA, Sepang, Selasa (18/3).

Dengan wilayah yang luas ini, lanjut dia, Malaysia tidak mungkin bisa bekerja sendiri dan tentunya bantuan dari negara-negara sahabat menjadi sangat penting.

Diberitakan sebelumnya, bahwa sebanyak 26 negara telah membantu pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 berpenumpang 239 orang dengan tujuan KLIA-Beijing, namun hilang kontak dan sampai kini tidak diketahui keberadaannya. Saat ini, pencarian pesawat tersebut difokuskan pada dua koridor, yaitu utara dan selatan.

Untuk koridor utara dipimpin China dan Kazakhstan, sedangkan koridor selatan dipimpin Indonesia dan Australia. Sementara itu Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman mengatakan operasi pencarian pesawat tersebut merupakan isu yang kompleks karena melibatkan 26 negara dan pihaknya sudah mengirimkan nota diplomatik ke 12 negara.

"Politik tidak penting di sini. Dan saya rasa tidak ada yang ingin membuat publisitas murahan di sini," katanya. Menlu juga menyatakan pemerintah belum merasa perlu untuk menghubungi Iran dan minta bantuan negara tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement