Jumat 21 Mar 2014 13:55 WIB

Australia: Dua Objek Itu Belum Tentu MH370

Rep: Elba Damhuri/ Red: Yudha Manggala P Putra
Sebuah objek yang terekam oleh satelit,dan diduga pesawat Malaysia Airlines MH370, dirilis oleh Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA).   (Reuters/Australian Maritime Safety Authority)
Sebuah objek yang terekam oleh satelit,dan diduga pesawat Malaysia Airlines MH370, dirilis oleh Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA). (Reuters/Australian Maritime Safety Authority)

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Australia belum bisa memastikan dua objek yang terambil citra satelit pada Kamis (20/3) apakah ada kaitan dengan Malaysia Airlines MH370 atau tidak. Pelaksana PM Australia Warren Truss mengatakan meski foto satelit kredibel, namun kedua objek itu bisa saja tidak ada hubungannya dengan pesawat yang masih hilang itu.

"Objek-objek itu ternyata bisa saja bukan bagian dari pesawat MH370," kata Warren, Jumat (21/3), seperti dikutip the Star.

Australia, Amerika, Malaysia, dan Norwegia terus melakukan pencarian kedua objek yang saat ini terus bergerak terbawa arus air. Menurut Warren, ini pencarian sulit dan menantang yang mungkin akan berlangsung selama berhari-hari.

Sejumlah kalangan menyangsikan kedua objek berukuran 24 meter dan 5 meter itu merupakan bagian dari tubuh pesawat MH370. Keluarga penumpang MH370 di Beijing, Cina, juga meragukan itu dan mengaku masih percaya MH370  belum hancur.

PM Tony Abbot menolak anggapan mencari sensasi atas informasi yang dia sampaikan di hadapan parlemen pada Kamis lalu. Abbot melaporkan adanya dua temuan itu yang terindikasi dengan Malaysia Airlines MH370.

Sejumlah saksi mata berkeras telah melihat sebuah pesawat mirip MH370 terjatuh dan tenggelam di laut kepulauan Andaman, India, pada 8 Maret lalu. Saksi mata yakin itu adalah MH370 yang pada hari ke-14 ini masih hilang.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement