Ahad 23 Mar 2014 22:24 WIB

Ada Harapan dalam Pencarian MH370

Sebuah objek yang terekam oleh satelit,dan diduga pesawat Malaysia Airlines MH370, dirilis oleh Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA).   (Reuters/Australian Maritime Safety Authority)
Sebuah objek yang terekam oleh satelit,dan diduga pesawat Malaysia Airlines MH370, dirilis oleh Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA). (Reuters/Australian Maritime Safety Authority)

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA -- Secercah harapan muncul ihwal pencarian puing pesawat Malaysian Ailines yang diduga kuat tenggelam di sekitar Samudra S]Hindia Selatan. Sebuah pesawat sipil, Sabtu (22/3) kemarin melaporkan melihat objek kecil yang jaraknya berdekatan dengan area pencarian yang oleh Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA) sampai sekarang masih berusaha mencari lokasi itu.

Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengaungkapkan kalau salah satu objek itu dilaporkan berupa papan dari kayu.

"Saat ini kita memiliki sejumlah temuan yang credible dan karenanya harapan untuk dapat menemukan MH370 terus meningkat, semoga saja upaya pencarian yang dilakukan sekarang memang akan mengarah pada kejelasan nasib apa yang sebenarnya terjadi dengan MH370,” kata Abbott, belum lama ini.

Halstead sendiri melihat serpihan yang terapung dilautan itu hal yang boasa tapi umumnya tidak terpisah-pisah,” katanya.

"Yang dicari oleh tim SAR saat ini adalah objek yang cukup besar yang tidak biasa tapi mereka juga tetap melihat sejumlah tanda-tanda yang letaknya saling berdekatan.

Selain itu perubahan cuaca di samudera hindia selatan juga  berpotensi menghambat upaya pencarian karena akan sangat mempengaruhi tingkat kemampuan atau jarak pandang.

Dan cuaca di Samudera Hindia Selatan dapat berubah dengan sangat cepat.

"Bisa saja cuaca berubah darri sangat cerah, tiba-tiba terjadi badai dan lalu tiba-tiba kita sudah bisa melihat dengan jelas beberapa jam kemudian,” katanya.

sumber : abc, radio australia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement