Senin 24 Mar 2014 21:56 WIB

Satelit Perancis Temukan Objek Baru di Zona Pencarian MH370

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA -- Citra satelit dari Perancis merekam gambar objek baru di lautan yang mungkin terkait dengan pesawat Malaysia Airline yang hilang.

Menteri Transportasi Malaysia mengatakan pemerintah Perancis mengirimkan citra satelit baru yang menunjukan objek potensial di koridor pencarian di sebelah selatan Samudera Hindia.

"Pagi ini Malaysia menerima citra setlit baru dari otoritas Perancis,” kata Menteri Transportasi Malaysia dalam pernyataannya, Senin (24/3).

"Malaysia segera meneruskan citra satelit ini ke pusat koordinasi pencarian di Australia,”

Penyataan itu tidak menyebutkan jumlah, ukuran maupun lokasi tepat dari objek yang terlihat di gambar yang diterbitkan pihak Perancis.

Penerbangan MH370 milik Malaysia Airlines hilang pada 8 maret lalu dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing dengan membawa 239 penumpang.

Otoritas Australia yang mengkoordinir pencarian pesawat itu saat ini memfokuskan pencarian pesawat di lautan yang luasnya terenetang sekitar 2500 kilometer Barat daya perth.

Citra satelit baru dari Perancis ini menyusul temuan citra satelit yang dirilis China dan Australia.

Upaya pencarian di hari keempat selain masih terus menyisir zona pencarian untuk mencari objek yang teridentifikasi oleh China kemarin yakni benda berukuran panjang 22 meter dan lebar 13 meter.

Objek itu terlihat sekitar 120 kilometer Barat Daya dari dua kemungkinan objek  yang terekam citra satelit pada 16 Maret yang diumumkan oleh pemerintah Australia Kamis pekan lalu.

Sementara citra satelit China merekam gambar sekitar 5 hari lalu pada 18 Maret 2014, oleh satelit pengawas bumi berkekuatan tinggi Gaofen-1.

Kemarin, sebuah pesawat sipil juga melaporkan melihat sejumlah objek kecil yang berserak berdekatan dengan wilayah pencarian MH370, yang masih  terus berusaha dicari lokasinya oleh AMSA.

Pesawat P3 Orion yang diterbangkan didekat wilayah pencarian sejauh ini masih belum melihat objek apapun kecuali rumput laut.

P3 Orion juga menjatuhkan buoy untuk melacak pergerakan benda-benda disekitarnya dan kapal dagang juga telah dikirim ke lokasi untuk mengidentifikasi benda tersebut.

Berbicara dari Papua Nugini pagi ini, Perdana Menteri Tony Abbott mengatakan salah satu objek yang dilaporkan berbentuk papan kayu.

"Sudah pasti kita sekarang memiliki sejumlah temuan kredibel yang mengarah dan itu meningkatkan harapan untuk menemukan MH370, semoga saja kita memang tengah berada diarah yang benar untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi," kata Abbott.

Malaysia telah meminta bantuan  25 negara untuk membantu pencarian salah satu pesawat milik maskapai nasionalnya itu.

ABC/Reuters/AFP

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement