Senin 24 Mar 2014 23:08 WIB

Seluruh Penumpang MH370 Diyakini Tewas

Malaysia Airlines
Malaysia Airlines

REPUBLIKA.CO.ID, MALAYSIA -- Pihak maskapai Malaysia Airlines dikabarkan telah menginformasikan kepada keluarga penumpang bahwa tidak ada satu pun penumpang pesawat Boeing 777-200 dengan nomor penerbangan MH370 yang diyakini selamat.

Seperti dikutip dari BBC dan situs buzzfeed.com, Senin (24/3), pernyataan itu disampaikan pihak Malaysia Airlines melalui pesan singkat sesaat sebelum PM Najib Razak mengumumkan bahwa MH370 telah terbang menyusuri koridor selatan dan berakhir di bagian selatan Samudera Hindia.

"Malaysia Airlines dengan penuh penyesalan harus berasumsi di atas segala keraguan bahwa MH370 telah hilang dan tidak ada satu pun di dalam pesawat yang selamat," demikian bunyi pesan tersebut seperti dikutip BBC. "Saat ini kami harus menerima segala bukti yang menyatakan pesawat jatuh di Samudra Hindia selatan."

Sejauh ini belum ada keterangan lebih lengkap baik mengenai kronologis atau penyebab berakhirnya penerbangan pesawat MH370 di Samudra Hindia. Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan bakal memberikan informasi rinci besok, Selasa (25/3). 

"Kami akan menggelar konferensi pers besok dengan rincian lebih jauh. Untuk sementara waktu, kami ingin menginformasikan kepada Anda perkembangan baru ini pada kesempatan awal," kata Najib dalam konferensi pers di Putra World Trade Center, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (24/3) malam.

Informasi terbaru mengenai MH370 ini diungkapkan Najib setelah pihaknya mendapat penjelasan dari kantor Investigasi Kecelakaan Udara Kerajaan Inggris (AAIB). Informasi kantor Investigasi itu diperoleh dari Inmarsat, perusahaan Inggris yang menyediakan data satelit dari wilayah utara dan selatan bumi.

Berdasarkan pada analisis terbaru mereka, Inmarsat dan AAIB telah menyimpulkan bahwa MH370 telah terbang di sepanjang koridor selatan, dan posisi terakhirnya di tengah-tengah Samudera Hindia, sebelah barat Perth.

 

"Ini lokasi yang terpencil, jauh dari kemungkinan adanya situs pendaratan. Untuk itu dengan kesedihan dan penyesalan yang mendalam saya harus menginformasikan kepada Anda bahwa menurut data baru ini, penerbangan MH370 berakhir di selatan Samudra Hindia," kata Najib.

sumber : BBC/buzzfeed.net

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement