Kamis 27 Mar 2014 03:45 WIB

Pria di Korut Wajib Potong Rambut Ala Kim Jong-un

Rep: satya festiani/ Red: Taufik Rachman
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un
Foto: AP
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

REPUBLIKA.CO.ID,PYONGYANG – Kaum pria di Korea Utara (Korut) dipaksa untuk memotong rambut mereka dengan potongan rambut ala Kim Jong-un. Presiden Korea Utara tersebut telah menginstruksikan warganya untuk melakukan hal tersebut dua minggu lalu.

Kini masyarakat mulai melakukan perintah penguasa muda itu.Aturan mengenai pembatasan gaya tersebut bukanlah hal yang baru.

Pada Februari lalu, baik pria dan wanita di Korut hanya memiliki pilihan yang terbatas untuk potongan rambut mereka.Korea Times mengatakan, tidak semua warga senang dengan perintah tersebut.

Pasalnya, potongan rambut ala Kim Jong-un tenar dengan sebutan potongan ala penyelundup Cina. “Potongan rambut pemimpin kami sangat spesial. Tak semua orang bisa cocok dengan gaya rambut tersebut,” ujar seorang sumber pada Korean Times, Rabu (26/3).

Seorang mantan warga Pyongyang yang kini tinggal di Cina mengatakan, potongan tersebut umumnya dihindari para pria. “Hingga pertengahan 2000, kita menyebutnya sebagai potongan rambut penyelundup Cina,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement