Kamis 27 Mar 2014 09:14 WIB

Denmark Akan Kirimkan Enam Jet Tempur ke Baltik

Kopenhagen, Denmark
Foto: latinadanza.com
Kopenhagen, Denmark

REPUBLIKA.CO.ID, COPENHAGEN -- Denmark akan mengirim enam jet tempur ke negara-negara Baltik untuk membantu patroli ruang udara di atas wilayah itu, di mana ketegangan tinggi setelah pencaplokan Rusia atas Crimea.

Media lokal Denmark melaporkan, F-16 akan menjadi bagian dari perluasan misi kebijakan udara NATO. Patroli-patroli diharapkan akan dimulai pada 1 Mei dan berlanjut sampai akhir Agustus.Kontribusi Denmark dinilai media setempat sebagai upaya untuk menunjukkan solidaritas dengan negara-negara Baltik dalam situasi saat ini.

Seorang juru bicara kementerian luar negeri Denmark mengatakan, dia tidak dapat mengkonfirmasi informasi sebelum pertemuan di parlemen Kamis (27/3) pagi. Prancis pekan lalu menawarkan untuk mengirimkan empat jet tempur ke negara-negara Baltik dan Polandia untuk meningkatkan patroli udara NATO di atas wilayah tersebut.

Langkah ini diikuti keputusan oleh AS untuk meningkatkan kerja sama militer dengan Polandia dan negara-negara Baltik untuk menunjukkan solidaritas setelah intervensi Rusia di Ukraina. Langkah-langkah itu sebagian besar merupakan gerakan simbolis untuk memperluas pelatihan penerbangan di Polandia, dan meningkatkan peran AS dalam patroli udara NATO yang dirancang untuk meyakinkan mitra aliansi di Eropa tengah dan timur setelah peringatan atas tindakan Rusia di Crimea.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement