Kamis 27 Mar 2014 11:16 WIB

Ebola Merebak, Pemerintah Guinea Larang Konsumsi Kelelawar

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Virus Ebola (ilustrasi).
Foto: Wikipedia.org
Virus Ebola (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CONAKRY -- Pemerintah Guinea melarang masyarakatnya mengkonsumsi sup kelelawar setelah merebaknya kasus ebola di negara Afrika Barat tersebut. Dilansir dari New York Times, Kamis (27/3) Pemerintah Guinea telah melarang semua bentuk konsumsi kelelawar, karena diyakini sebagai media dari filovirus yang menyebabkan ebola.

 

Menteri Kesehatan Guinea, Rene Lamah, mengatakan kelelawar tampaknya menjadi medium utama dari wabah ebola di kawasan selatan negara itu. Karenanya, pihaknya telah mengeluarkan larangan mengkonsumsi kelelawar yang juga merupakan makanan populer di negara ini.

 

Saat ini sudah 63 orang tewas di beberapa negara seperti Guinea, Sierra Leone dan Liberia akibat mewabahnya ebola di Afrika Barat. Korban yang terjangkiti wabah ini akan menunjukkan gejalanya seperti pendarahan dalam dan luar, diare, dan muntah-muntah.

 

Khusus di Guinea, selain melakukan upaya pencegahan medis, pemerintah setempat juga mengantisipasi konsumsi kelelawar. Kelelawar di negara ini masuk dalam makanan faviorit lokal, dimana biasanya masyarakat setempat memasak dalam sup pedas atau dipanggang.

 

Kementerian Kesehatan Guinea mengklaim setelah larangan ini temuan kasus penderita baru telah berkurang signifikan. Kebanyakan wabah diperkirakan dimulai ketika pemburu hutan memakan bangkai daging kera yang mati karena ebola. Diperkirakan kera itu mati setelah memakan buah terkontaminasi oleh kotoran kelelawar atau air liur yang terjangkiti ebola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement