Sabtu 29 Mar 2014 05:15 WIB

IMF Bantu Keuangan Ukraina, Perekonomian Rusia Merosot

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Peta Ukraina
Foto: VOA
Peta Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV-- Ukraina berhasil mendapat dana bantuan internasional sebesar 27 miliar dolar AS setelah Crimea dicaplok oleh Rusia. Sementara itu, menteri ekonomi Rusia menyebutkan pertumbuhan perekonomian Rusia telah merosot.

Dilansir dari Reuters, dana moneter internasional mengumumkan telah mempersiapkan dana kredit sebesar 14-18 milyar dolar AS untuk Kiev untuk membantu perekonomiannya yang tengah dilanda krisis. Bantuan lainnya pun akan diberikan oleh Uni Eropa, Amerika Serikat dan negara lainnya selama dua tahun sehingga dapat lebih menarik Kiev lebih dekat dengan Eropa.

"Dukungan finansial dari komunitas internasional ini dapat memberikan dana bantuan sebesar 27 milyar dolar AS selama dua tahun ke depan," kata IMF.

Sementara itu, Obama mengatakan persetujuan IMF ini melupakan langkah utama untuk menstabilkan perekonomian Ukraina. Cina yang menjadi sekutu Rusia mengatakan akan berperan secara konstrutif dalam bantuan keuangan untuk Ukraina. Namun pihaknya tidak melanjutkan apakah akan berpartisipasi secara langsung.

Sementara itu, Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pembangunan menyatakan pihaknya dapat mengalirkan dana hingga satu milyar euro per tahun kepada Ukraina selama beberapa tahun ke depan. Perdana Menteri Ukraina Arseny Yatsenyuk sendiri menyebutkan Ukraina saat ini dalam kondisi hampir bangkrut sehingga membutuhkan dana bantuan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement