Selasa 01 Apr 2014 08:30 WIB

PM Malaysia Kunjungi Perth untuk Berterima Kasih

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Citra Listya Rini
Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Abdul Razak
Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Abdul Razak

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Perdana Menteri (PM) Malaysia Datuk Seri Najib Razak akan berkunjung ke Perth, Australia esok Rabu (2/4). Ia berniat melihat sendiri penanganan pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 di Samudra Hindia. 

Dikutip dari situs Malaysia Bernama, Menteri Transportasi Hishammuddin Hussein mengatakan Najib memutuskan sendiri perjalanan tersebut. ''PM kami sudah memutuskan untuk pergi ke Perth pada Rabu. Ia akan mengunjungi pangkalan pertahanan udara Pearce untuk melihat penanganan pencarian,'' katanya dalam konferensi pers.

Ia juga mengatakan PM Najib ingin berterima kasih secara langsung pada para personil atas usaha pencarian yang begitu besar. Upaya pencarian pesawat berisi 239 nyawa itu telah menarik perhatian dan bantuan secara multinasional.

Total 10 pesawat dan 10 kapal laut dari negara-negara tetangga dikerahkan untuk menyisir 254 ribu kilometer persegi selatan Samudra Hindia.

Hishammuddin sendiri, yang juga menjabat sebagai menteri pertahanan Malaysia, akan pergi untuk pertemuan United States Pacific Command di Hawai, Selasa (1/4). Ia akan menghadiri pertemuan menteri-menteri pertahanan se-Amerika dan ASEAN. 

Dalam pertemuan tersebut, ia akan mengabarkan perkembangan terbaru dari pencarian MH370. ''Saya juga akan menyampaikan rasa terima kasih kami pada negara tetangga ASEAN dan AS,'' kata dia.  

Hishammuddin juga akan mendiskusikan kemungkinan pengerahan aset militer jika operasi pencarian bergulir lebih kompleks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement