Selasa 01 Apr 2014 08:42 WIB

Dubes AS di India Mundur

Rep: Gita Amanda/ Red: A.Syalaby Ichsan
Nancy Powell
Foto: Reuters
Nancy Powell

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK-- Duta Besar Amerika Serikat untuk India mengundurkan diri setelah kasus penangkapan diplomat India yang menyebabkan merenggangnya hubungan kedua negara.

Pengunduran diri Nancy Powell terkait ketegangan yang terus berlangsung, setelah penangkapan Desember silam. Dilansir dari Reuters, Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Marie Harf membantah pengunduran diri Powell terkait ketegangan kedua negara.

Para analis mengatakan, posisi Powell tak bisa lagi dipertahankan akibat dari kasus perselingkuhan. Padahal Powell memegang beberapa posisi penting di Asia Selatan dan menjadi duta besar India sejak 2012.

Selama ini, AS melihat India sebagai sekutu penting di Asia untuk mengimbangi potensi Cina di Asia. Pada 2010, Presiden Barack Obama bahkan menyatakan hubungan AS-India merupakan kemitraan abad ke-21.

Namun hubungan tersebut memburuk hingga ke level terendah, setelah penangkapan diplomat junior Devyani Khobragade. Banyak pejabat di India juga merasa Powell salah dalam menangani kasus Khobragade.

Narendra Modi, salah satu kandidat perdana menteri India bahkan melihat kasus penangkapan sebagai arogansi dan kemunafikan AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement