Selasa 01 Apr 2014 12:10 WIB

Biografi Nabi SAW Dipentaskan Dalam Bentuk Opera

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Indira Rezkisari
.
Foto: freeislamiccalligraphy.com
.

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI — Untuk pertama kalinya, kisah mengenai kehidupan Nabi Muhammad SAW disampaikan dengan cara baru dan unik di negara bagian Sharjah, Uni Emirat Arab (UEA). Sirah (biografi) Nabi tersebut digambarkan dalam pementasan Opera.

Pemimpin Sharjah, Syeh Sultan bin Mohammed Al Qasimi,  memuji pementasan kesenian baru ini di surat kabar Emirat The National, Senin (31/3) kemarin.

Ia menuturkan, Opera tersebut dapat dijadikan sebagai sarana dialog dalam mensyiarkan Islam.“Proses dialog dan memahami satu sama lain adalah pendekatan Islam. Ini tentu saja juga diadopsi oleh Nabi Muhammad SAW dan telah menjadi aspek penting dalam peradaban Islam,” kata Al Qasimi, seperti dikutip World Bulletin, Senin (31/3).

Opera yang ditulis oleh penyair Saudi, Dr Abdul Rahman Al Asymawi, ini menceritakan kehidupan Nabi Muhammad dari sejak lahir hingga meninggalnya beliau. Pementasan tersebut dilakoni oleh lebih dari 200 aktor.

Namun, sehubungan dengan aturan dalam Islam, karakter Nabi SAW sengaja tidak digambarkan di atas panggung. Hal serupa juga diterapkan sebelumnya dalam film tentang kehidupan Rasulullah, The Message, yang dibintangi oleh Anthony Quinn.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement