Ahad 06 Apr 2014 03:09 WIB

Polisi AS Ditahan di India, Motif Balas Dendam?

Rep: c70/ Red: Nidia Zuraya
Departemen Kepolisian New York
Foto: topnews.in
Departemen Kepolisian New York

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Seorang polisi New York ditangkap di bandara di New Delhi. Sejumlah pihak menganggap penangkaan itu merupakan aksi balas dendam atas insiden penahanan seorang diplomat India di New York tahun lalu.

Polisi itu diidentifikasi sebagai Manny Encarnacion. Dia ditahan dengan alasan ditemukannya peluru di dalam kopernya. Menurut pihak keamanan bandara, adanya hal yang berkaitan dengan senjata api merupakan pelanggaran hukum di India.

“Kami sangat prihatin atas kasus penangkapan itu. Pihak India telah mengirimkan surat pemberitahuan tertanggal 4 April 2014 ke Departemen Luar Negeri,” kata seorang anggota parlemen Amerika Serikat, Peter King di  di New York, Sabtu (5/4), seperti dilansir Straits Times.

Menurut King, surat pemberitahuan penangkapan itu, mempunyai motif politik dan berhubungan dengan kasus penangkapan wakil konsul jenderal India pada Desember 2013 di New York. Diplomat wanita, Devyani Khobragade digeledah digeledah dan ditanggap di bandara New York karena tuduhan penipuan visa. Penahanan Khobragade memicu kemarahan di India dan menciptakan keretakan antara kedua negara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement