Senin 07 Apr 2014 16:25 WIB

Perekonomian Nigeria Terkuat di Afrika

Peta Nigeria
Foto: Antara
Peta Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA --  Nigeria mengatakan negaranya telah mengambil-alih posisi Afrika Selatan sebagai negara dengan tingkat perekonomian terbesar di Afrika.

Kepala Biro Statistik Nigeria Yemi Kale mengatakan ekonomi negara itu diperkirakan mencapai 490 miliar dolar – mengalahkan angka yang dihitung Bank Dunia bagi Afrika Selatan tahun 2012 yaitu 384 miliar dolar.

 

Nigeria mencapai tingkat baru dalam perekonomiannya – ke-26 terbesar di dunia – setelah memulihkan beberapa industri seperti penerbangan, telekomunikasi dan informasi teknologi yang tidak dimasukkan dalam penghitungan tahun 1990.

Nigeria mengatakan ketika itu misalnya hanya ada 300 ribu saluran telepon, tetapi kini ada 100 juta pengguna telepon seluler. Dengan data baru itu, Nigeria bisa menggantikan Afrika Selatan sebagai negara di Afrika yang paling representatif di antara kelompok negara-negara dengan ekonomi besar di dunia atau G20.

Namun, Afrika Selatan – yang memiliki jumlah penduduk jauh lebih kecil dibanding Nigeria – memiliki pendapatan per kapita yang jauh lebih tinggi yaitu 7.336 dolar, dibanding Nigeria yang hanya 2.688 dolar. Survei kemiskinan terbaru yang dilakukan Bank Dunia melaporkan bahwa 61 persen dari 170 juta warga Nigeria bertahan hidup dengan kurang dari satu dolar per hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement