Kamis 10 Apr 2014 04:40 WIB

Dua Faksi Taliban Bertikai, Sembilan Orang Kehilangan Nyawa

Pejuang Taliban di kawasan tribal Pakistan.
Foto: AP/Ishtiaq Mehsud
Pejuang Taliban di kawasan tribal Pakistan.

REPUBLIKA.CO.ID, MIRANSHAH -- Sembilan orang, Rabu (9/4) waktu setempat, dibunuh di hari keempat pertempuran antara dua faksi Taliban Pakistan yang berseteru di barat laut yang bergolak. Demikian kata sumber-sumber intelijen dan gerilyawan.

Total dari 43 orang yang sekarang tewas dalam bentrokan meletus Minggu antara lain para pendukung Said Khan Sajna dan pengikut kelompok almarhum Hakimullah Mehsud.

Keduanya merupakan bagian dari faksi Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) yang telah melakukan pemberontakan berdarah melawan negara selama tujuh tahun.

Empat gerilyawan tewas ketika satu kendaraan kelompok berada di bawah serangan kelompok Sajna di daerah Shawal di wilayah suku Waziristan Selatan yang berbatasan dengan Afghanistan.

Dalam insiden lain, kelompok Sajna menyerang sebuah hotel di kota barat laut Tank. Serangan menewaskan tiga gerilyawan dari kelompok Mehsud serta dua warga sipil.

Sumber-sumber militan mengisyaratkan bahwa perbedaan-perbedaan muncul setelah komandan senior Sajna ditolak dalam kepemimpinan TTP setelah pemimpin Mehsud tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS November lalu.

TTP telah lama terbelah oleh pertikaian. Sajna dipandang sebagai kandidat kuat untuk menjadi kepala TTP setelah kematian Mehsud.

Namun, dewan penguasa gerakan pada menit-menit terakhir memilih Mullah Fazlullah yang berasal dari Swat dan diyakini bersembunyi di Afghanistan.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement