Jumat 11 Apr 2014 00:40 WIB

Iran dan Azerbaijan Teken Nota Kesepahaman

Presiden Iran Hassan Rouhani
Foto: AP
Presiden Iran Hassan Rouhani

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Iran dan Azerbaijan menandatangani tiga nota kesepahaman dan kesepakatan di Istana Saadabad, Teheran, Rabu.

Presiden Iran, Hassan Rouhani, menyatakan terimakasih kepada delegasi Azerbaijan dan mengatakan bahwa dia telah bertemu dengan Presiden Ilham Aliyev untuk pertama kalinya di KTT Davos. Mereka membuat keputusan- keputusan penting di KTT.

"Saya akan memberitahu rakyat Iran bahwa hari ini Iran dan Azerbaijan berada dalam posisi di mana tidak akan menimbulkan hambatan-hambatan dalam pengembangan hubungan antara kedua negara,'' kata Rouhani.

Rouhani, yang berbicara dalam konferensi pers bersama, mengatakan mereka setuju untuk meningkatkan mekanisme pertukaran budaya dan wisata antara kedua negara.

"Semua harus bekerja untuk menyelesaikan perbedaan-perbedaan dalam semangat diplomatik dan damai," katanya. Dia mengatakan kepada presiden Azerbaijan untuk menekankan hak Iran untuk program nuklir damai.

Iran dan Azerbaijan menandatangani tiga nota kesepahaman dan kesepakatan di Saadabad. Satu nota ditandatangani oleh Menteri Olahraga dan Pemuda Mahmoud Goudarzi dan Elmar Mammadyarov, Menteri Luar Negeri Azerbaijan.

Memorandum lain ditandatangani oleh Menteri Jalan Raya dan Konstruksi Iran Abbas Akhundi dan Menteri Ekologi dan Sumber Daya Alam Azerbaijan Huseingulu Bagirov.

Memorandum terakhir ditandatangani oleh Hamid Chitchian, Menteri Energi Iran dan Shahin Mustafayev, Menteri Pembangunan Ekonomi Azerbaijan untuk membangun dan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga air di Ordubad dan Marazad.

sumber : Antara/MNA-0ANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement